Monday, February 28, 2005

Menyeberang Laut

Kali ini gue mengalami perjalanan terbang di malam hari untuk yg pertama kalinya. Dengan nomor penerbangan GA 634, kloter 2 FremantleMedia berangkat jam 18.00 dari BSH, menyeberang laut menuju Makassar. Kebetulan duduk di bangku tengah, gue tidak bisa melongok lebih jauh keluar jendela. Matahari senja sebenarnya masih menerangi pemandangan kota Jakarta dari atas namun beriringan dengan pudarnya cahaya, lampu-lampu bangunan, jalan dan mobil mulai menyala. Hmm, begini rasanya terbang malam, perjalanan lebih terasa santai dan tenang.

Image hosted by Photobucket.com
Makassar Straits ( Indonesia), 1999, sepia toned silver print, 7 x 7, www.davidchalliday.com

Sekitar 140 menit kemudian, gue tiba di Makassar. Waktu berlalu satu jam lebih cepat dari Jakarta, jadi sekarang jam 21.20 WITA. Udara panas langsung menyerbu, padahal kata pilotnya sesaat sebelum mendarat, udara di Makassar bersuhu 26 derajat Celcius. Uh, keringat langsung mengalir dan rasanya badan lengket habis, nggak nyaman sama sekali. Untungnya, gue nggak perlu berlama-lama di bandara ini karena setelah mengambil bagasi,Image hosted by Photobucket.com rombongan langsung menuju Marranu Hotel, tempat menginap sekaligus kerja nanti.

Perjalanan menuju hotel menyisakan kenangan tersendiri buat gue. Nyaris lima tahun yg lalu, gue pernah melawat ke kota ini. Saat itu gue masih bekerja untuk Masima Radionet dan sedang menggarap kegiatan off-air Rejoice Shampoo. Jalan dan beberapa wilayah kota nampaknya sudah jauh lebih berkembang namun gue masih bisa merasakan dan mengenali beberapa tempat yg pernah gue lalui kemarin. Pelabuhan, beberapa bangunan lama seperti balaikota dan gedung kesenian, ruas jalan yg pernah dilewati, membawa gue ke lorong waktu saat Pak Hamid menemani gue berkeliling di kota ini. I like this city, and thank you God, for bringing me here again!